nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Minggu, 19-04-2015 22:14

Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) adalah lomba karya sains untuk siswa tingkat Sekolah Dasar di Indonesia. Saat ini program KJSA sudah memasuki tahun kelima. Dari semua karya yang masuk sampai 15 Juni 2015, akan dipilih sembilan karya terbaik dan akan mendapatkan tabungan pendidikan.

Dari 18 finalis yang ditetapkan oleh juri, akan dipilih sembilan pemenang karya terbaik dan akan mendapatkan tabungan pendidikan masing-masing senilai Rp. 10 juta. Bagi sekolah yang siswanya menjadi pemenang akan mendapatkan bantuan masing-masing senilai Rp. 10 juta. Sembilan finalis lainnya masing-masing mendapatkan 1 unit laptop. Satu karya pemenang favorit pilihan dewan juri akan mendapatkan tambahan tabungan pendidikan senilai Rp. 5 juta.

Tema karya sains yang dilombakan tidak dibatasi. Setiap siswa bebas berkreasi memilih tema. Contohnya tema materi pembelajaran, lingkungan hidup,tempat tinggal, masyarakat, energi, mahluk hidup dan lainnya. Terpenting, karya berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam dan terapannya atau matematika.

Peserta lomba harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya peserta lomba adalah siswa kelas 4,5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) atau berusia 10-12 tahun saat mendaftar. Memiliki karya atau hasil percobaan sains yang merupakan ide sendiri. Siswa mengirimkan karya dalam bentuk laporan. Di dalamnya berisi ide soal karya sains, mengapa memilih ide itu, apa yang hendak dibahas dan pengembangan ide atau solusi yang hendak dipaparkan. Guru pembimbing harus disebutkan dalam laporan tersebut dan hanya boleh ada 1 guru pembimbing. Peserta mengirimkan foto hasil karya dan foto peserta bersama karyanya tadi melalui e-mail ke kjsa@tempo.co.id. Pendaftaran ditunggu paling lambat 15 Juni 2015.

Proses seleksi dilakukan pada beberapa tahap. Pertama, semua karya yang didaftarkan akan dinilai langsung oleh dewan juri, yang akan memilih 18 finalis berdasarkan skor tertinggi. Selanjutnya 18 finalis akan diundang ke Jakarta pada 31 Agustus s/d 4 September 2015 untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri. Dari penilaian presentasi itu, akan dipilih 9 pemenang karya terbaik. Semua biaya akomodasi dan transportasi ke-18 finalis serta masing-masing guru pembimbingnya ditanggung panitia.

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi sekretariat PT Tempo Media Group Gedung Tempo Jl. Palmerah Barat No.8 Jakarta Selatan 12210. Hotline: (021) 70-885-234 , (021) 70-304-234, Email: kjsa@tempo.co.id, Fax: 021-7206995.

Sumber: tempo.co

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015