nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Jum`at, 20-11-2015 14:06

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mulai tahun 2016 akan murni menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk intervensi kebijakan. Salah satu penggunaan dapodik pada pembenahan sarana prasarana sekolah. Sekolah sudah tidak perlu lagi membuat prososal untuk diajukan ke Direktorat, cukup melalui pengisian Dapodik.

Menurut Kepala Subdirektorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan SMP, Khamim, sebagaimana NUPTK.net kutip dari Dikdas Kemdikbud, untuk mengetahui jumlah kebutuhan RKB, cukup buka Dapodik dengan membandingkan rombel dan ruang kelas yang dimiliki.

Dengan adanya kebijakan baru ini, dibutuhkan peran operator dengan harapan kualitas data dapodik semakin hari semakin membaik. Validasi data menjadi sangat penting untuk mendapatkan hasil pendataan yang lebih baik.

Selain digunakan untuk basis data rehabilitas sarana-prasarana pendidikan, dapodik juga digunakan untuk pemanfaatan program lainnya, seperti penyaluran Bantuan Operasional Sekolah. Pemanfaatan dapodik untuk penyaluran BOS juga sudah diaplikasikan pada pendidikan menengah.

Khamim berharap peran operator sekolah terus ditingkatkan agar semua kebijakan tersebut terus berjalan. Dengan kualitas data Dapodik yang semakin tinggi, kesuksesan program-program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga semakin baik.

Sumber: dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015