nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Selasa, 19-07-2016 08:22

Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2016/2017, Aplikasi Dapodik akan memasuki era baru. Aplikasi Dapodik 2016 adalah pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari laman dikdasmen, secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Guna mendukung kesuksesan dan kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah:

  1. Persiapan Komputer Server
    Spesifikasi perangkat keras minimal memiliki processor pentium core duo, memori 2 Gb, kapasitas disk kosong 400 Mb.
  2. Persiapan SDM, Kode Registrasi dan Akun Aplikasi Dapodik
    Untuk keperluan registrasi, operator dapodik harus menyiapkan kode registrasi dan akun aplikasi dapodik.
  3. Persiapan Data
    Banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan pemutakhiran dan data baru yang harus dimasukkan. Validasi data pemilik Kartu Indonesia Pintar juga diperbarui yang meliputi nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.
  4. Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016
    Panduan ini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016, sekaligus sebagai panduan untuk melakukan upgrade dari aplikasi Dapodik versi lama menjadi Aplikasi Dapodik 2016.

INSTALLER APLIKASI DAPODIK 2016 dalam waktu dekat akan segera dirilis. Informasi-informasi diatas sebagai bekal pemahaman awal untuk dapat melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan sebelum Aplikasi Dapodik 2016 dirilis. Sehingga transformasi ke Aplikasi Dapodik 2016 dapat berjalan dengan lebih baik.

Sumber: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015