nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Minggu, 02-10-2016 09:13

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) telah dirilis dan diperbarui beberapa kali. Versi terbaru dari Aplikasi PMP adalah versi 1.4. Tujuan pengisian data PMP untuk memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pada satuan pendidikan dari mulai tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Namun tidak semua proses instalasi dan penggunaan aplikasi PMP berjalan lancar. Ada saja kendala yang dialami oleh operator meskipun komputer sudah terinstal dapodik seperti contoh tampilan berikut.

aplikasi pmp tidak terhubung dengan dapodik

Berikut salah satu tahapan penyelesaian dari masalah di atas.

    1. Cek aplikasi dapodik
      Jika aplikasi dapodik tidak bisa dijalankan, pastikan service DapodikDB aktif. Pengecekan dapat dilakukan melalui control panel, System and Security, Administrative Tools, Services.
    2. Cek versi dapodik
      Pastikan versi dapodik sudah 2016.b dan aplikasi PMP sudah versi 1.4. Jika versi aplikasi tersebut masih belum sesuai, gunakan updater terbaru.
    3. Perbarui aplikasi dapodik
      Meskipun dua aplikasi tersbut sudah menggunakan versi terakhir, tetapi terkadang ada operator yang mengalami masalah di atas. Jika operator sudah melakukan perbaruan aplikasi dapodik dari versi sebelumnya menggunakan updater 2016.b, namun tetap saja masalah di atas terjadi, coba langkah berikut.
      • Buka aplikasi dapodik dan lakukan sinkronisasi
      • uninstall aplikasi dapodik dan restart komputer
      • unduh installer aplikasi dapodik versi 2016b (bukan updater), kemudian install kembali
      • unduh prefil terbaru di http://118.98.166.61/prefill_dikdasmen/
      • registrasi ulang aplikasi dapodik
      • jalankan aplikasi PMP versi 1.4
    aplikasi pmp terhubung dengan dapodik

    Jika masih belum berhasil juga, silahkan hubungi admin Dapodikdasmen.

    Sumber: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • save our forest game android
    NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
    NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
    nuptk.net © 2012-2015