nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Jum`at, 10-07-2015 09:31

Beruntung bagi orang tua yang mempunyai anak yang hafidz quran. Para penghapal quran ini akan diberi kuota khusus. Berapapun jumlahnya, semua pendaftar akan langsung diterima setelah diuji hafalan qurannya.

Program yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan pimpinan Abdullah Azwar Anas ini dinamakan Program Banyuwangi Cerdas. Program ini adalah program pemberian beasiswa hingga level perguruan tinggi bagi warga Banyuwangi yang digelar sejak tahun 2011.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari JPNN, Sekretaris Dinas Pendidikan Dwi Yanto mengatakan, seleksi beasiswa Banyuwangi Cerdas untuk jalur para penghafal Alquran telah dilakukan selama bulan Ramadan ini.

Dwi berharap program ini akan memotivasi anak-anak yang saat ini sedang nyantri maupun sedang belajar menghafal Alquran. Bukan tidak mungkin mereka yang hanya lulusan pondokan bisa bersekolah di perguruan tinggi negeri.

Harapan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas program tersebut kualitas SDM Banyuwangi meningkat. Untuk program beasiswa bagi para pelajar penghafal Alquran ini juga ditanamkan nilai-nilai keislaman yang ramah.

Dalam proses seleksi, para penghafal Alquran hanya dites hafalannya saja. Sedangkan bagi peserta jalur umum harus menjalani serangkaian ujian seperti tes tulis yang meliputi pengetahuan umum dan dasar, potensi akademik, dan wawancara. Hasilnya akan diumumkan pada 10 Juli.

Program beasiswa Banyuwangi Cerdas yang dimulai sejak tahun 2011 ini telah menggelontorkan dana sekitar Rp 7 miliar untuk membiayai 500 anak muda Banyuwangi yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar Banyuwangi. Dana tersebut belum termasuk hibah untuk skripsi maupun penelitian yang diajukan oleh mahasiswa.

Semoga program ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah/kota lainnya untuk semakin meningkatkan nilai-nilai keislaman yang selama ini sudah semakin terkikis akibat arus kebudayaan luar yang sangat cepat.

Sumber: jpnn.com

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015