nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
nuptk 2016
Jum`at, 10-02-2017 14:57

kuota mahasiswa dari jalur penerima Bidikmisi pada tahun ajaran 2017/2018 akan dinaikkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) hampir 30 persen. Besaran bantuan biaya hidup bagi mahasiswa penerima program Bidikmisi juga bakal dinaikkan.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari laman JPNN, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad memastikan bahwa kuota penerima Bidikmisi pada tahun ajaran 2017/2018 secara keseluruhan meningkat dibanding pada tahun sebelumnya.

Kuota pada tahun ajaran 2016/2017 yang hanya tersedia 60 ribu mahasiswa, kini akan dinaikkan menjadi 80 ribu mahasiswa. Pemerintah juga meningkatkan besaran biaya bulanan atau biaya hidup bagi mahasiswa Bidikmisi dengan kenaikan sebesar Rp 50 ribu per bulan yang sebelumnya hanya Rp 600 ribu per bulan.

Intan Ahmad menyampaikan, calon mahasiswa yang berpotensi secara akademis namun terbentur ketidakmampuan keluarga bisa terbantu dan terjaring secara maksimal. kenaikan biaya hidup itu dipastikan merata untuk semua penerima program Bidikmisi.

Pemerintah menyediakan dana Bidikmisi setahun sampai Rp 3,2 triliun untuk 320.000 lebih mahasiswa dan nominal biaya yang dikelola perguruan tinggi sebesar Rp 2,4 juta per semester. Dengan adanya program Bidikmisi maka warga yang secara ekonomi tidak mampu tapi memiliki kemampuan akademik bagus dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Calon mahasiswa diharapkan melamar melalui jalur-jalur yang sudah disediakan. Antara lain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Mandiri di PTN.

Sumber: jpnn.com

save our forest game android
NUPTK.net merupakan situs yang berusaha membantu para PTK untuk mendapatkan informasi mengenai nuptk, pendidikan, teknologi dan informasi lainnya. Situs ini tidak berafiliasi dengan situs Kementerian manapun.
Data nuptk per sekolah dan madrasah situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui beberapa aplikasi yang sudah disediakan oleh Kemdikbud dan Kemenag.Jika ada data yang tidak sesuai, silahkan request data terbaru atau hubungi Disdik atau Mapenda setempat untuk informasi yang lebih akurat.
nuptk.net © 2012-2017