nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Minggu, 03-05-2015 22:35

Pengalihan kewenangan pengelolaan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) tidak serta merta urusan penggajian untuk guru tidak tetap juga beralih menjadi tanggungan pemerintah provinsi.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari JPNN (03/05), Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan bahwa tidak ada anggaran gaji bagi GTT di APBD. Gaji GTT tetap menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing. Pakde Karwo memastikan bahwa APBD tidak akan menanggung gaji GTT untuk selamanya.

Berdasar UU Nomor 23 Tahun 2014, pemrov memiliki kewenangan terhadap pengelolaan guru sekolah menengah atas dan kejuruan. Mulai dari proses pengangkatan, penggajian, kenaikan pangkat, sertifikasi, hingga mutasi.

Harapan dari para guru akan adanya pelimpahan kewenangan itu, pemerintah daerah provinsi lebih efektif mengatur pengangkatan dan penggajian.

Tetapi Pakde Karwo memaparkan bahwa pengelolaan pendidikan menengah dan kejuruan akan menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim. Kemudian, Dispendik Jatim akan berkoordinasi dengan Dispendik kabupaten/kota untuk membantu pengelolaan di setiap kota/kabupaten.

Dari paparan tersebut tampak bahwa Pemprov tidak akan memaksimalkan kewenangan pengelolaan tersebut.

Selain tidak menganggarkan gaji GTT di ABPD, pemerintah daerah juga tidak menjanjikan pengangkatan bagi GTT. Sebab, pemerintah telah melakukan moratorium pengangkatan GTT. Kadispendik Jatim Saiful Rachman menuturkan bahwa tidak ada proses pengangkatan GTT menjadi PNS, kecuali yang masuk honorer K-2 bisa mengikuti seleksi CPNS.

Sumber: jpnn.com

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015