nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Jum`at, 07-08-2015 21:32

Pengukuran profesionalisme guru akan dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui dua skema, yaitu akademis (uji kompetensi guru setiap tahun) dan non-akademis (penilaian terhadap kinerja guru).

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari Kemdikbud, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Supranata mengatakan, mulai tahun ini semua guru baik yang ada di bawah Kemendikbud maupun Kemenag akan menjalani UKG tanpa terkecuali.

Sekitar 3,8 juta guru akan diuji mulai tahun ini untuk mengetahui potret kompetensinya. Dari 3,8 juta guru tersebut sudah termasuk guru yang ada di Kemenag sejumlah 318 ribu guru.

Target di tahun 2019, rata-rata nilai UKG harus mencapai angka delapan. Oleh karena itu, UKG harus dilakukan secara rutin agar target bisa tercapai.

Target tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mengenai guru yang terdiri atas tiga poin. Pertama, meningkatkan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas GTK; kedua, meningkatkan kualitas LPTK; dan ketiga, meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru.

Untuk pengukuran non-akademis, selain kepala sekolah dan pengawas, pihak eksternal juga akan dilibatkan dalam melakukan penilaian kinerja guru.

Guru profesional artinya guru mengampu bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Sosok guru yang profesional tersebut, tuturnya, memiliki kemampuan pedagogik, sosial, dan kepribadian bangsa. Kepribadian bangsa yang dimaksud adalah pribadi yang sesuai dengan visi misi kebangsaan.

Profesionalisme guru harus menjadi demand atau keinginan. Sebagai regulator, pemerintah pusat akan menyiapkan berbagai bentuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru yang bisa dilakukan secara mandiri maupun kelompok. Pembiayaannya bisa dari negara, pemerintah daerah, atau oleh CSR perusahaan.

Sumber: kemdikbud.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015