nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Minggu, 03-07-2016 14:23

Dengan adanya revisi kurikulum 2013 yang telah dilakukan pada tahun 2016 ini, diharapkan akan lebih memudahkan kerja guru terutama dalam melakukan penilaian terhadap siswanya. Tugas menumbuhkan karakter positif siswa menjadi tanggung jawab bersama.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari laman kemdikbud, sikap spiritual dan sikap sosial semua siswa merupakan tugas guru Agama dan Budi Pekerti serta guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara langsung.

Menurut Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Tjipto Sumadi, dari hasil revisi Kurikulum 2013 ini, diharapkan para guru lebih mudah mengimplementasikannya.

Tjipto menambahkan, meskipun penilaian sikap spritual dan sikap sosial siswa sudah dilakukan oleh guru Agama dan guru PPKn, namun tugas menumbuhkan karakter positif siswa menjadi tanggung jawab bersama.

Terkait dengan implementasi Kurikulum 2013, Tjipto mengatakan Kemendikbud melakukan pelatihan instruktur secara berjenjang. Pelatihan instruktur dimulai dari pelatihan narasumber nasional, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan instruktur provinsi dan selanjutnya instruktur daerah.

Tahapan implementasi Kurikulum 2013 sesuai kesepakatan Kemendikbud dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dilaksanakan secara bertahap. Sebelumnya sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 sebanyak 6%, sekarang tambah 19% menjadi 25%. Nantinya akan dinaikkan lagi 35% menjadi 60%. Sehingga pada tahun 2018/2019 implementasinya ditargetkan sudah 100%.

Sumber: kemdikbud.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015