nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Jum`at, 11-03-2016 18:48

Kementerian PANRB akan mengeluarkan aturan teknis untuk memetakan SDM di daerah, baik dari sisi jumlah maupun jabatan untuk mengetahui kebutuhan SDM yang diperlukan. Dengan rasionalisasi PNS, jumlah pegawai diperkirakan akan berkurang sampai sekitar satu juta orang sampai tahun 2019.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari laman Menpan, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi meminta kepada seluruh Sekda di Indonesia untuk melakukan audit organisasi di instansi daerahnya masing-masing. Audit ini sebagai langkah awal kebijakan rasionalisasi Pegawai negeri Sipil (PNS) dan akan berujung pada pengurangan anggaran belanja pegawai.

Rasionalisasi ini bertujuan untuk menekan pegawai, memberikan ruang untuk merekrut SDM yg lebih berkualitas dan kompetitif, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Rasionalisasi juga harus diimbangi dengan teknologi. Misalnya penggunaan sistem IT yg akan membuat efektif dan efisien dalam tata kelola pemerintahan juga memangkas birokrasi yang tidak efisien.

Menurut Yuddy, ada sejumlah daerah yang mempunyai belanja pegawai di atas 50 persen. Daerah tersebut masuk dalam kategori tidak aman karena akan mengalami kesulitan dalam mendanai kebutuhan pembangunan.

Beberapa hal yang harus dilakukan dalam penataan SDM ASN menurut Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

  1. Pertahankan dan mendorong SDM yang kompeten, qualified, dan berkinerja,
  2. Diklat/ mutasi/ redistribusi untuk SDM yang masih potensial dikembangkan,
  3. Penanganan SDM kuadran IV, misalnya dengan pensiun dini
  4. Rekrutmen SDM aparatur harus tepat sasaran sesuai dengan arah pembangunan nasional dan potensi daerah.

Dengan adanya kebijakan rasionalisasi ini, target pemerintah menurunkan belanja pegawai secara nasional dari 33,8 persen menjadi 28 persen dari total APBN/APBD selama rentang waktu 2015-2019. Secara prinsip program rasionalisasi ini adalah juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, bukan malah sebaliknya.

Sumber: menpan.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015