nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Senin, 22-02-2016 23:38

Kebijakan rasionalisasi pegawai yang akan diterapkan hanya akan diperuntukkan bagi PNS yang tidak kompeten, kualifikasi tidak sesuai dan tidak berkinerja. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari Kemenpan, Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa akan dilakukan audit organisasi sebelum dilakukan rasionalisasi pegawai. Para pejabat pembina kepegawaian wajib melakukan pemetaan kualifikasi dan kompetensi ASN di masing-masing instansi.

Berikut kelompok pegawai negeri sipil (PNS) yang dibagi menjadi 4 kelompok.

  1. Pegawai yang kompeten dan kualifikasinya sesuai, dipertahankan.
  2. Pegawai yang kompeten namun tidak sesuai kualifikasinya, pegawai harus mengikuti diklat atau dimutasi.
  3. Pegawai yang tidak kompeten namun kualifikasinya sesuai, perlu dilakukan diklat kompetensi.
  4. Pegawai yang tidak kompeten dan tidak sesuai kompetensinya, akan dirasionalisasi melalui pensiun dini.

Berkaitan dengan pensiun dini, dalam PP 32/1979 tentang Pemberhentian PNS, pegawai yang pensiun dini mendapatkan hak pensiun dan uang kompensasi, apabila telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50 tahun dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun.

Apabila belum memenuhi syarat-syarat usia dan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam huruf a, pegawai itu akan mendapat uang tunggu. Apabila belum mencapai usia 45 (empat puluh lima puluh) tahun atau belum memiliki masa kerja pensiun 10 (sepuluh) tahun, akan mendapat hak Nilai Tunai Iuran Pensiun (NTIP).

Sumber: menpan.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015