nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
nuptk 2016
Rabu, 19-07-2017 19:29

Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan utuk menolak gugatan Walikota Blitar mengenai kewenangan pengelolaan SMA/SMK agar bisa dikelola kembali oleh Pemerintah Kota Blitar yang sebelumnya telah dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dengan demikian, keputusan dengan pokok perkara Pengujian Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Nomor 30/PUU-XIV/2016 semakin memperkuat kedudukan UU Pemda yang mengatur SMA/SMK dikelola pemprov.

Kasus gugatan ini berawal dari permohonan Walikota Blitar, Samanhudi Anwar yang diterima oleh kepaniteraan Mahkamah Konstitusi pada tanggal 7 Maret 2016, berdasarkan Akta Penerimaan Berkas Permohonan Nomor 35/PAN.MK/III/2016.

Samanhudi menggugat Lampiran UU Nomor 23/2014 tentang Pemda Angka I huruf A Nomor 1 tentang Pembagian Urusan Pemerintah Bidang Pendidikan. Dalam peraturan itu, kewenangan mengelola pendidikan menengah (SMA/SMK) diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov), di mana sebelumnya menjadi tanggung jawab Pemkot/Pemkab.

Padahal Kota Blitar menggratiskan pendidikan menengah. Dengan adanya aturan baru tersebut, siswa SMA/SMK tidak lagi mendapatkan pendidikan gratis.

Silahkan download di nutpk.net/download/dokumen/putusan-mk-atas-gugatan-uu-nomor-23-tahun-2014 untuk mengetahui secara detail hasil putusan MK tersebut.

Sumber: mahkamahkonstitusi.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan situs yang berusaha membantu para PTK untuk mendapatkan informasi mengenai nuptk, pendidikan, teknologi dan informasi lainnya. Situs ini tidak berafiliasi dengan situs Kementerian manapun.
Data nuptk per sekolah dan madrasah situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui beberapa aplikasi yang sudah disediakan oleh Kemdikbud dan Kemenag.Jika ada data yang tidak sesuai, silahkan request data terbaru atau hubungi Disdik atau Mapenda setempat untuk informasi yang lebih akurat.
nuptk.net © 2012-2017