nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
nuptk 2016
Selasa, 11-09-2018 23:04

Pemerintah melalui situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengumumkan rekrutmen CPNS Tahun 2018. Total formasi yang tersedia sebanyak 238.015 yang terdiri dari 51.271 formasi untuk 76 instansi pemerintah pusat dan 186.744 formasi untuk 525 instansi pemerintah daerah.

Sebagaimana NUPTK.net kutip dari situs resmi menpan, selain formasi melalui jalur umum, pemerintah juga membuka formasi dari jalur khusus, yaitu:

  • Putra putri lulusan terbaik berpredikat cumlaude
  • Penyandang disabilitas
  • Putra putri Papua dan Papua Barat
  • Diaspora
  • Olahragawan/olahragawati berprestasi Internasional
  • Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari Eks Tenaga Honorer K2

Dengan adanya pengadaan CPNS ini, diharapkan dapat merekrut putra putri terbaik bangsa. Semua harus mengikuti proses seleksi, baik dari jalur umum dan jalur khusus. Sistem seleksi pengadaan CPNS tahun 2018 dibuat ketat, transparan, bersih dan bebas dari praktik KKN. Seleksi kompetensi dasar sepenuhnya menggunakan Computer Assisted Test atau CAT.

Perhatian khusus untuk Eks Tenaga Honorer Karegori II (TKH-II) juga diberikan oleh pemerintah terutama bagi tenaga pendidik dengan jumlah formasi sebanyak 12.883. Mekanisme/sistem pendaftaran dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN.

Syarat untuk tenaga pendidik dari eks THK-II adalah harus terdaftar dalam database BKN. Syarat lainnya, usia pelamar paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018 dan aktif bekerja secara terus menerus sampai saat ini. Selain itu, tenaga pendidik minimal berijazah S-1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi THK-II pada tangal 3 November 2013.

Meskipun rekrutmen CPNS untuk eks tenaga honorer K2 dari jalur khusus, pendaftar yang telah diverifikasi dokumennya tetap wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (TKD). Sedangkan pengalaman kerja minimal 10 tahun dan terus menerus menjadi tenaga pendidik dianggap lolos untuk Seleksi Kompetensi Bidang (TKB).

Sumber: menpan.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan situs yang berusaha membantu para PTK untuk mendapatkan informasi mengenai nuptk, pendidikan, teknologi dan informasi lainnya. Situs ini tidak berafiliasi dengan situs Kementerian manapun.
Data nuptk per sekolah dan madrasah situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui beberapa aplikasi yang sudah disediakan oleh Kemdikbud dan Kemenag.Jika ada data yang tidak sesuai, silahkan request data terbaru atau hubungi Disdik atau Mapenda setempat untuk informasi yang lebih akurat.
nuptk.net © 2012-2017