nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Sabtu, 13-12-2014 00:28

"Apakah seseorang bisa diangkat menjadi CPNS tanpa tes?" Anda mungkin menjadi salah satu orang yang bertanya-tanya tentang proses penerimaan CPNS. Herman, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, telah menegaskan tentang hal tersebut.

Dalam acara study tour yang dilakukan oleh rombongan SMKN 1 Bantul ke Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta (11/12), salah seorang siswa menanyakan hal tersebut. Herman serta Kepala Bagian Keprotokolan Sumardi menjelaskan berbagai peran dan langkah strategis BKN dalam melakukan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Herman sebagaimana NUPTK.net kutip dari BKN (11/12), menegaskan bahwa seorang pelamar dapat menjadi CPNS jika ia lulus dan mendapat nilai tinggi dalam tes berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD meliputi Wawasan Kebangsaaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Skala Kematangan. Ada pun TKB adalah tes khusus/spesifik terkait formasi jabatan yang dipilih seorang pelamar. Dengan adanya penjelasan tersebut, tidak mungkin seseorang bisa diangkat menjadi CPNS tanpa tes.

Herman juga menambahkan bahwa tidak ada titipan atau pun jalur khusus dalam penerimaan CPNS. Hal ini karena TKD dilaksanakan berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN yang transparan, obyektif, akurat, dan kredibel.

Di lain sesi, Sumardi memberikan penjelasan bahwa penerimaan CPNS berdasarkan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Kepegawaian yang ditentukan BKN, termasuk penetapan formasi, analisis beban kerja (ABK), dan analisis jabatan (anjab). Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS diterbitkan masing-masing instansi pemerintah dan ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di instansi tersebut.

Sumber: bkn.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015