nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Kamis, 14-01-2016 16:53

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terdiri atas Ujian Teori Kejuruan dan Ujian Praktik Kejuruan. UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh di SMK.

Bentuk UKK 2016 terdiri atas Ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori kejuruan berbentuk tes tertulis dengan basis media kertas ataupun komputer. Ujian praktik kejuruan dilaksanakan dalam bentuk penugasan yang soalnya disusun oleh Direktorat Pembinaan SMK bersama-sama Dunia Usaha/Industri. Ujian Praktik Kejuruan juga dalam bentuk skema sertifikasi yang ditetapkan oleh LSP P1 terlisensi oleh BNSP.

Ujian praktik kejuruan dilaksanakan secara serentak pada rentang waktu mulai tanggal 16 Februari 2016 sampai dengan 31 Maret 2016.

Tempat penyelenggaraan ujian praktik kejuruan harus memenuhi syarat kelayakan, sehingga diperlukan verifikasi kelayakan satuan pendidikan atau tempat penyelenggaraan ujian praktik kejuruan.

Verifikasi kelayakan satuan pendidikan/tempat penyelenggaraan ujian praktik kejuruan dilakukan oleh pelaksana ujian nasional tingkat provinsi dengan menggunakan instrumen verifikasi yang telah disiapkan oleh pelaksana ujian nasional tingkat pusat.

Dunia usaha/dunia industri yang disyaratkan, telah bekerja sama dengan SMK minimal 3 tahun dan telah memberikan kontribusi sebagai guru tamu atau terlibat dalam penyusunan kurikulum SMK atau sebagai tempat magang peserta uji.

Penguji/asesor terdiri penguji internal dan eksternal. Penguji internal adalah guru produktif yang relevan dengan pengalaman mengajar minimal 5 tahun dan memiliki pengalaman kerja/magang di dunia usaha/industri. Sedangkan penguji eksternal besaral dari DU/DI/asosiasi profesi/institusi pasangan yang memiliki latar belakang pendidikan dan/atau pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diujikan.

Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan download disini pedoman penyelenggaraan UKK SMK 2016.

Sumber: http://unsmk.ditpsmk.net

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015