nuptk.net - Info NUPTK Terbaru dan Info Pendidikan
Kamis, 22-10-2015 22:20

Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kebutuhan Guru, Penguatan Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud) Santi Ambarukmi mengungkapkan tujuan dari penyelenggaraan UKG 2015 adalah untuk memetakan kompetensi guru.

Sebagaimana NTK.net kutip dari Kemdikbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyiasati disparitas kompetensi guru di pusat dan daerah dengan menggunakan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015.

Perbedaan kompetensi guru di daerah akan dapat diketahui dengan adanya penyelenggaraan UKG 2015 ini. Nanti akan dilihat disparitas kompetensi (guru) antara pulau Jawa dengan provinsi, pedesaan. Jika dibuat mapping (kompetensi), ada materi pelatihan, bisa tahu guru lemah dimana.

UKG merupakan ujian terhadap penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik di dalam ranah kognitif, sebagai dasar penetapan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan bagian dari penilaian kinerja guru. Penyelenggaraan UKG 2015 berlangsung pada tanggal 9-27 November 2015.

Penyelenggaraan UKG sistem online menggunakan jaringan lokal yang digunakan oleh masing-masing TUK. Pada sistem online, Santi mengungkapkan minimal sebanyak 20 guru untuk ditempatkan di dalam ruang TUK. Santi menggarisbawahi UKG online akan dibuat dengan banyak versi, yaitu sesuai dengan jumlah peserta ujian.

Sumber: kemdikbud.go.id

save our forest game android
NUPTK.net merupakan salah satu dari sekian ribu situs nuptk yang berusaha membantu para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan informasi mengenai status nuptk bersangkutan, apakah belum masuk database, diterima, ditunda atau ditolak. Data nuptk per sekolah, madrasah atau instansi yang ada di situs ini terbarui jika ada permintaan atau request. Mohon maaf jika belum direspon karena keterbatasan sumber daya. Informasi mengenai NUPTK di situs ini merupakan hasil pencarian melalui search engine nuptk yang sudah disediakan oleh Kemdiknas. Jika ada data yang tidak sesuai dengan identitas Anda, silahkan menghubungi Disdik atau Mapenda setempat.
NUPTK.net juga berusaha untuk menyajikan informasi mengenai dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah yang didapat dari berbagai sumber yang akurat dan juga pengalaman pribadi.
nuptk.net © 2012-2015